Sunday, September 15, 2019

Jenis-Jenis Kayu Jati Beserta Kelebihan dan Keurangannya

Nama jati tentu tidak asing lagi di telinga Anda. Kayu dengan nama latin Tectona Grandis telah banyak ditanam di seluruh Indonesia. Tidak hanya orang awam yang menanamnya, tetapi Perhutani juga menanam kayu untuk kebutuhan furnitur tersebut. Bagi Anda yang masih awam, Anda mungkin menganggap semua kayu jati sama, meskipun ada banyak jenis kayu jati.

Dalam membuat furnitur, jati memang sangat umum digunakan. Namun, banyak konsumen yang tidak mengerti jenis kayu jati, sehingga ada yang mengeluhkan kualitasnya. Menanggapi hal ini, Anda sangat disarankan untuk mengetahui jenis-jenis jati yang tersebar di seluruh nusantara. Dengan begitu, saat Anda membeli furnitur, Anda akan mengetahui kualitas dan harga barang tersebut.

Bagi Anda yang masih awam di dunia furnitur dan kayu, kami akan menjelaskan sedikit tentang jenis-jenis kayu jati serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga penjelasan kami di bawah ini bermanfaat bagi Anda semua.

1. Kayu Jati Rakyat

Jenis pertama adalah kayu jati rakyat yang biasanya ditanam oleh masyarakat. Kualitasnya memang tidak terlalu bagus, karena selain warnanya pucat, juga karena daya tahan dan kekuatannya tak sebaik jenis-jenis lainnya. Terdapat banyak gubal kayu yang menyebalkan, bahkan bentuknya jarang lurus, sehingga membuat kayu ini sulit untuk dibentuk menjadi furnitur. Bahkan, terkadang ada banyak air di dalamnya, sehingga membuatnya hancur saat diolah.

Keuntungannya sendiri adalah pada harganya yang lebih murah daripada jenis kayu jati lainnya. Karena itu, kayu jati rakyat yang digunakan untuk membuat furnitur memiliki nilai jual rendah. Meski begitu, ia tidak terlalu buruk jika digunakan untuk pembuatan furnitur.

2. Kayu Jati Emas

Satu tingkat di atas jati rakyat ada jenis jati emas yang kualitasnya cukup memadai untuk pembuatan furniture. Batang pohonnya cukup lurus, tetapi masih ada banyak gubal dalam jenis ini. Kadar airnya juga cukup tinggi, sehingga lebih rentan mengalami kerusakan atau pecah saat diproses untuk dijadikan furniture mewah. Namun ada sedikit nilai lebihnya, yaitu daya tahan dan kekuatannya lebih bagus dari jati rakyat.
kayu jati emas
kayu jati emas | jeparateakindo.com

Keuntungannya sendiri adalah harganya tidak terlalu mahal.  Ini karena kualitasnya juga berada pada level sedang. Bagi Anda yang tidak punya banyak uang untuk membeli kayu jati TPK (yang terbaik), ada baiknya membeli kayu jati emas dengan usia 7-15 tahun.

3. Kayu Jati TPK

Di bagian atas daftar adalah jati TPK yang dikelola oleh PT. Perum Perhutani. Karena dikelola oleh badan yang sudah ahli dan berpengetahuan, kualitas kayu ini adalah yang terbaik. Bahkan, sebagian besar usia jati TPK di atas 20 tahun, sehingga sangat kuat, tahan lama, dan memiliki serat kayu yang lebat.


Salah satu kelebihannya adalah tekstur dan warnanya yang lebih cantik dan lebih hidup, membuat banyak orang menyukainya. Bahkan batang kayu itu lurus dan lebih besar, jadi lebih mudah untuk dijadikan furnitur. Soal ketahanan dan kekuatannya sih tak perlu dipertanyakan, karena perawatannya sangat baik dan umurnya sangat tua, sehingga sangat kokoh. Yang lebih menakjubkan, kayu ini mengandung minyak alami yang membuat rayap enggan mengunyahnya.

Dengan kualitas terbaik dan sebanyak itu, satu-satunya kekurangan adalah harganya sangat mahal. Tetapi jika Anda menginginkan kualitas pada saat beli furnitur, maka lebih baik untuk membeli produk dengan bahan baku kayu jati Perhutani ini. Meskipun mahal, tetapi terbayar dengan kualitas yang disediakannya.

Contoh Furniture Berbahan Kayu Jati

Kayu jati merupakan material utama dalam pembuatan furniture, sehingga Anda wajib tahu contoh barang hasil kayu tersebut. Dengan mengetahuinya, Anda akan lebih mengenal mengenai macam-macam kayu jati di Indonesia dan dunia. Berikut adalah beberapa contoh furniture berbahan kayu jati asli Jepara :


Set kamar tidur ukiran Jepara di atas terbuat dengan bahan dasar kayu jati. Bukan hanya tempat tidurnya saja, tapu furniture lain yang ada di dekatnya juga terbuat dari kayu jati berkualitas. Mulai dari meja rias, nakas, lemari pakaian, hingga drawers. Ditambah dengan finishing melamine natural, tampilannya nampak lebih indah saat dipandang.
Set kamar tidur Jepara di atas juga terbuat dari bahan kayu jati. Untuk furniture yang satu ini, nampak dengan jelas jika warna kayunya lebih terlihat, karena memang mengusung kesan klasik. Tampilannya sendiri tetap enak dipandang, sehingga sangat layak untuk Anda beli.

Related Posts

Jenis-Jenis Kayu Jati Beserta Kelebihan dan Keurangannya
4/ 5
Oleh